Pelaku bisnis seperti UKM diketahui sekitar tujuh puluh lima persen aktif menggunakan sosial media sebagai media untuk berbisnis. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sosial media prospek bisnis menjanjikan. Data yang diperoleh resmi melalui CNN Money tersebut menyebutkan kebanyakan pelaku bisnis adalah perodusen itu sendiri maupun sales. Cara yang kerap dilakukan pelaku bisnis ketika memasarkan bisnis mereka melalui media sosial adalah dengan mengunggah foto produk atau foto bisnis mereka. Lalu apa saja tiga primadona sosial media yang sudah dikenal selain sebagai media chatting juga untuk berbisnis? Berikut untuk Anda ketahui.
1. Sosial Media Facebook
Facebook pertama kali dikenal sebagai sosial media untuk postingan mengunggah foto atau sharing pribadi dari pemilik akun. Bahkan seiring berjalannya waktu, Facebook mampu mempertemukan orang-orang yang lama tidak berjumpa menjadi berjumpa kembali meskipun melalui dunia maya. Dan pada akhirnya sosial media Facebook menjadi akses sosial media prospek bisnis menjanjikan para pelaku bisnis untuk memasarkan bisnis mereka. Menurut Joe DiNardo, salah seorang media Blue Fontain kota New York, mengunggah foto produk bisnis melalui Facebook dapat mengoptimalkan akses pasar bisnis Anda. Itu sudah pasti karena setiap orang yang sudah menjadi “Teman” Anda di Facebook tentu akan melihat apa yang Anda posting. Bahkan sosial media Facebook sendiri sudah menghadirkan aplikasi Messenger Facebook yang lebih mempermudah komunikasi pelaku bisnis dengan pelanggannya. Karena aplikasi tersebut ketika sudah terpasang di smartphone Anda, maka tidak sekadar untuk chatting, namun juga berkomunikasi melalui telepon maupun video.
2. Sosial Media Twitter
Twitter hampir tidak jauh berbeda dengan Facebook. Hanya saja ciri khas dari Twitter adalah tampilan hashtag setiap kali memposting komentar. Ini menjadi sarana sosial media yang mendukung bisnis Anda. Dengan adanya tampilan hashtag apalagi produk bisnis Anda sedang booming, maka tidak dipungkiri lagi, postingan Anda dapat menjadi trending topic saat itu di Twitter. Sehingga membuat mereka yang belum menjadi “Pengikut” atau follower Anda menjadi tertarik untuk bergabung. Sehingga menguntungkan bagi Anda yang menggunakan sosial media Twitter untuk berbisnis karena dapat dengan mudah menggaet calon pelanggan tanpa harus repot-repot promosi.
3. Sosial Media Youtube
Youtube dikenal sebagai sosial media yang khusus untuk mengunggah video agar dapat disaksikan oleh seluruh pengguna internet di dunia. Seiring dengan perkembangan teknologi dan juga ide-ide kreatif semakin bermunculan, Youtube juga dipergunakan sebagai sosial media prospek bisnis menjanjikan. Caranya tentu saja dengan mengunggah video yang menampilkan produk bisnis Anda. Biasanya calon konsumen akan lebih paham dan mengerti dengan produk bisnis yang ditawarkan ketika dikemas dalam bentuk video. Namun yang perlu Anda perhatikan ketika mengunggah video melalui Youtube untuk tujuan bisnis adalah usahakan memiliki durasi tidak lebih dari satu menit.
Facebook pertama kali dikenal sebagai sosial media untuk postingan mengunggah foto atau sharing pribadi dari pemilik akun. Bahkan seiring berjalannya waktu, Facebook mampu mempertemukan orang-orang yang lama tidak berjumpa menjadi berjumpa kembali meskipun melalui dunia maya. Dan pada akhirnya sosial media Facebook menjadi akses sosial media prospek bisnis menjanjikan para pelaku bisnis untuk memasarkan bisnis mereka. Menurut Joe DiNardo, salah seorang media Blue Fontain kota New York, mengunggah foto produk bisnis melalui Facebook dapat mengoptimalkan akses pasar bisnis Anda. Itu sudah pasti karena setiap orang yang sudah menjadi “Teman” Anda di Facebook tentu akan melihat apa yang Anda posting. Bahkan sosial media Facebook sendiri sudah menghadirkan aplikasi Messenger Facebook yang lebih mempermudah komunikasi pelaku bisnis dengan pelanggannya. Karena aplikasi tersebut ketika sudah terpasang di smartphone Anda, maka tidak sekadar untuk chatting, namun juga berkomunikasi melalui telepon maupun video.
2. Sosial Media Twitter
Twitter hampir tidak jauh berbeda dengan Facebook. Hanya saja ciri khas dari Twitter adalah tampilan hashtag setiap kali memposting komentar. Ini menjadi sarana sosial media yang mendukung bisnis Anda. Dengan adanya tampilan hashtag apalagi produk bisnis Anda sedang booming, maka tidak dipungkiri lagi, postingan Anda dapat menjadi trending topic saat itu di Twitter. Sehingga membuat mereka yang belum menjadi “Pengikut” atau follower Anda menjadi tertarik untuk bergabung. Sehingga menguntungkan bagi Anda yang menggunakan sosial media Twitter untuk berbisnis karena dapat dengan mudah menggaet calon pelanggan tanpa harus repot-repot promosi.
3. Sosial Media Youtube
Youtube dikenal sebagai sosial media yang khusus untuk mengunggah video agar dapat disaksikan oleh seluruh pengguna internet di dunia. Seiring dengan perkembangan teknologi dan juga ide-ide kreatif semakin bermunculan, Youtube juga dipergunakan sebagai sosial media prospek bisnis menjanjikan. Caranya tentu saja dengan mengunggah video yang menampilkan produk bisnis Anda. Biasanya calon konsumen akan lebih paham dan mengerti dengan produk bisnis yang ditawarkan ketika dikemas dalam bentuk video. Namun yang perlu Anda perhatikan ketika mengunggah video melalui Youtube untuk tujuan bisnis adalah usahakan memiliki durasi tidak lebih dari satu menit.